Catering Sehat Jakarta Pusat

Catering Sehat Jakarta Pusat: Ingin Hidup Sehat? Hindari Makanan Ini

Catering Sehat Jakarta Pusat – Makanan menjadi salah satu kunci yang harus selalu diperhatikan jika kamu ingin menerapkan pola hidup sehat. Karena apapun yang masuk ke dalam tubuh akan masuk ke dalam saluran pencernaan dan diolah oleh tubuh menjadi energi baik itu energi yang bagus untuk tubuh maupun sebaliknya.

Selain memperhatikan menu makanan dan asupan nutrisi yang harus ada dalam bahan makanan yang dimasak, perhatikan juga jenis-jenis makanan apa saja yang perlu dihindari agar tidak menjadi sampah di dalam tubuh. Biasanya makanan yang harus dihindari untuk pola hidup sehat ini lebih mudah didapatkan dan banyak yang menjualnya.

baca juga : Resep Makanan Sehat Catering Enak di Jakarta untuk Dikonsumsi Sehari-hari

Nah, jika kamu ingin menerapkan pola hidup sehat tetapi tidak sempat memasak, kamu bisa menggunakan jasa catering sehat Jakarta Pusat khususnya bagi yang tinggal di kota metropolitan ini. Namun, saat memilih catering sehat Jakarta Pusat tentunya kamu harus memastikan menu-menu yang disediakan catering sehat Jakarta Pusat benar-benar sehat mulai dari bahannya hingga cara pengolahannya.

Beberapa jenis bahan makanan memang sangat perlu untuk dihindari karena kandungan zat yang ada di dalamnya kurang memberikan manfaat untuk tubuh dan bahkan cenderung berbahaya untuk jangka waktu lama ke depan. Berikut ini beberapa makanan yang perlu untuk dihindari jika kamu ingin menerapkan pola hidup sehat, di antaranya:

1. Daging olahan

Daging olahan yang menggunakan bahan kimia dalam proses pengolahannya memiliki kontribusi terhadap resistensi antibiotik sehingga bisa menimbulkan gangguan insulin dan masalah hormon. Mengkonsumsi daging olahan yang mengandung bahan pengawet secara berlebihan dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes, pembengkakan, dan kardiovaskular.

Hal ini dikarenakan bahan kimia yang terkandung dalam daging olehan tersebut telah disuntikkan dengan antibiotik, hormon, dan obat-obatan hewan lainnya. Bahan kimia yang sengaja digunakan untuk menjaga kesegaran daging dan menambah rasa pada daging faktanya dapat menjadi boomerang bagi kesehatan tubuh manusia yang mengkonsumsinya.

Tubuh akan mengubah senyawa nitrat yang terdapat di dalam bahan kimia tersebut menjadi senyawa karsinogenik sehingga resiko terkena penyakit kanker lebih tinggi. Sebagai penggantinya, kamu bisa memilih daging yang dipotong langsung di peternakan atau membelinya di pasar. Meskipun daging seperti ini tidak bisa tahan lebih lama dibandingkan daging olahan, namun dari segi kesehatan daging potong asli tentu akan lebih aman.

2. Gula pasir

Rasa manis pada gula dan makanan olahan yang mengandung gula memang selalu memikat lidah untuk menyantapnya. Namun, sebaiknya hindari dengan cara mengurangi atau bahkan menghilangkan gula pasir dalam makanan atau minuman yang akan dikonsumsi seperti yang dikatakan oleh Dr Marilyn Lenville seorang ahli gizi yang menulis buku Natural Alternatives to Sugar.

Catering Sehat Jakarta Pusat

Kadar gula yang tidak seimbang dan berlebihan di dalam tubuh dapat menyebabkan rasa cemas, pusing, insomnia, kebingungan, kurangnya konsentrasi, kelelahan, dan gula darah. Rasa sakit tersebut dipicu oleh adanya fluktuasi gula darah yang disebabkan kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Coba berhenti untuk terlalu banyak makan-makanan manis seperti kue kering, kue brownies, dan jenis kue-kue lainnya yang dalam prosesnya pasti menggunakan banyak bahan gula pasir. Jangan biasakan untuk menambahkan gula ke dalam minuman dan biasakan selalu membaca komposisi pada label kemasan setiap membeli bahan makanan. Gantilah komposisi gula pasir dengan rasa manis yang lebih sehat seperti gula aren, kurma, atau madu.

3. Makanan yang diolah dengan minyak sayur

Cemilan gorengan memang selalu menggoda untuk dinikmati kalau pagi atau sore bersama teh manis atau kopi sebagai teman mengobrol. Pada kenyataannya minyak sayur yang sering disebut baik untuk kesehatan ternyata berbahaya untuk kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Hal ini dikarenakan kandungan lemak tak jenuh dalam minyak sayur mudah rusak dan rapuh saat dipanaskan dengan suhu tinggi. Sehingga radikal bebas berbahaya yang diciptakan saat proses penggorengan dapat berbahaya dan merusak tubuh saat dikonsumsi.Apalagi untuk minyak nabati yang padat seperti margarin akan memberikan dampak yang lebih buruk pada tubuh karena adanya kandungan lemak trans yang dihasilkan dari proses mengubah minyak cair menjadi padat.

Lemak trans bisa berbahaya bagi tubuh karena dapat menggantikan lemak sehat yang dibutuhkan oleh sel tubuh agar bisa bekerja dengan baik. Jumlah omega-6 yang tinggi dan sedikitnya omega-3 dalam minyak sayur dapat menyebabkan peradangan pada tubuh yang akan berdampak pada kondisi kesehatan seperti asma, jantung, dan artritis.

Sebagai alternatif solusinya, kamu bisa mengganti minyak goreng yang akan digunakan untuk mengolah makanan dengan menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun dengan suhu rendah.
Minyak kelapa terbilang aman karena kandungan lemak jenuh yang tidak berbahaya saat minyak tersebut dipanaskan. Selain itu, cobalah untuk mengurangi makanan-makanan yang digoreng dan gantilah dengan mengukus atau memanggangnya.

4. Penyedap rasa

Cita rasa yang dihasilkan oleh penyedap rasa atau dikenal dengan istilah micin pada makanan memang selalu menghasilkan masakan yang lebih lezat karena adanya penguat rasa yang ditambahkan. Penggunaan penyedap rasa yang berlebihan diyakini dapat menimbulkan dampak yang buruk terhadap tubuh dan kesehatan. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan micin dalam takaran secukupnya atau tidak menggunakannya sama sekali saat memasak. Dosis aman untuk penggunaan micin yang disampaikan oleh lembaga WHO dan BPOM berkisar antara 0.5 – 1.7 gram per hari.

Micin atau monosodium glutamate biasanya ditemukan pada makanan-makanan olahan atau bumbu-bumbu penyedap rasa yang banyak beredar di pasaran. Jika dalam komposisi label kemasan mengandung sodium glutamate, glutamic acid monosodium salt monohydrate, monosodium L-glutamate monohydrate, sodium caseinate, atau kalium glutamat maka sebaiknya dihindari. Penggunaan micin yang berlebihan dapat menyebabkan chinese restaurant syndrome, kerusakan sel saraf, asma, hipertensi, merusak sel, serta kerusakan ginjal dan depresi jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Mengingat bahayanya makanan-makanan tersebut sebaiknya kurangi atau hindari untuk mengkonsumsinya. Agar lebih aman pastikan jika memesan makanan harus di tempat catering sehat Jakarta Pusat yang menyediakan menu makanan sehat.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Catering Sehat Jakarta Pusat
Author Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Catering Sehat Jakarta Pusat
Price
IDR 20.000
Product Availability
Available in Store Only

Lokasi Kami Catering Dapur Patiot :

https://goo.gl/maps/SFXiizUPmbAGbFGT7

Leave a Reply